//
you're reading...
Teknologi

Kenapa Flash Disk Kadang Tak Bisa Di-Safely Remove??

Posting ini mungkin posting pertama di blog ini yg berbicara ttg teknologi, yg mungkin bisa menambah sedikit informasi di bidang ini.

Sewaktu sore ketika saya mencoba menggunakan waktu untuk browsing internet (dgn harapan bisa nambah pengetahuan sambil baca2), saya menemukan sebuah artikel yang cukup menarik perhatian saya.

Awalnya saya mau mencari ttg cara kerja CD (soalnya saya penasaran), eeh tapi malah nemu artikel ini yg isinya ttg kenapa flash disk gak bisa dicabut secara-“safely remove”.

Ya sudah, kita langsung masuk saja ke inti bahasannya:

***

Flash disk adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk penyimpanan data. Flash disk berukuran kecil dan komponennya lebih sederhana dari Hard Drive. Oleh karena bentuknya yang ringkas dan mudah dibawa-bawa, kapasitasnya yg bervariasi (umumnya 256MB-8GB), dan rata2 harganya terjangkau, flash disk begitu dikenal dan sudah menjadi hal yg lazim bila kebanyakan pengguna komputer memilikinya.

Umumnya sebelum mencabut Flash disk dari komputer, perintah “safely remove hardware” digunakan.

Masalahnya, terkadang flash disk tidak bisa dicabut secara “safely remove” dan muncul kotak dialog bertuliskan “error Generic Volume cannot be stopped”. Mengapa hal itu terjadi??

Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

1. Ada windows explorer yg terbuka (terutama yang menunjuk pada Flash disk yang akan di “safely remove”. Solusinya, tutup windows explorer yang masih terbuka.

2. Ada program yang mengakses file pada flash disk. Misalnya, program Microsoft Word yang filenya ada di flash disk. Solusinya, tutup program tersebut.

3. Ada virus yang menginfeksi flash disk, sehingga menyebabkan gangguan saat “safely remove” tsb. Solusinya, bersihkan flash disk dari virus (jgn lupa untuk mengamankan file2 penting, misalnya proposal, dsb).

Bila ternyata Flash disk masih tidak bisa di “safely remove”, hal berikut dapat dilakukan:

1. Mencabut Flash disk setelah men”Shut Down” komputer.

2. Apabila perlu mencabut flash disk saat itu juga, Cabut Flash disk pada saat lampu LED pada Flash disk mengindikasikan FD tidak sedang “sibuk” (biasanya kalau sdg memproses sesuatu, lampu LED berkedip2). Namun, cara ini tidak aman dan beresiko menimbulkan kerusakan data pada flash disk.

***

Discussion

2 thoughts on “Kenapa Flash Disk Kadang Tak Bisa Di-Safely Remove??

  1. dila sering banget tuh kayak gitu..
    97% gara-gara lupa masih ada program yang berlangsung..

    *apabanget dil*

    Posted by dila | June 24, 2010, 18:18

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: