//
you're reading...
Kegiatan

TFT: Training For Twelve

Kebun Raya Bogor – Hari Minggu, 15 Agustus 2010 atau 5 Ramadhan 1431H, dalam suasana Ramadhan, Forkom Alim’s mengadakan TFT, Training for Twelve. Temanya “Demisioner yang Mandiri, Ideal, dan Peduli”.

Tempat acaranya tepatnya di depan Masjid Kebun Raya Bogor (dekat lapangan besar yang ada Kafe De Daunan-nya). Mulainya sekitar jam 9 pagi. Jadi, begitu acara dibuka, pesertanya diajak untuk solat Duha dulu.

Acara TFT kali ini setidaknya punya 3 kegiatan: Diskusi Terbuka, Materi, dan Sharing.

Diskusi Terbuka

Intinya, pas diskusi terbuka, seluruh peserta dimintai pendapatnya tentang sebuah kasus. Kita diminta pendapatnya untuk memilih mana yang lebih dibutuhkan sebagai pemimpin organisasi: orang yang pengaruh dan kinerjanya kuat, tapi ruhiyah dan akademisnya tidak stabil; atau orang yang ruhiyah dan akademisnya baik, namun kurang berpengaruh.

Masing-masing memiliki argumen yang kuat dengan alasan yang bagus. Namun, intinya kurang lebih begini: orang yang tepat untuk menjadi pemimpin suatu organisasi itu tergantung dari visi organisasinya, artinya tujuan yang mau dicapai organisasi itu. Dan kalau mau pemimpin yang ideal, berarti kedua tipe orang itu harus sama-sama memperbaiki diri. Peran demisioner adalah membentuk karakter mereka. Setidaknya dengan memberikan contoh yang baik. Karena, contoh perilaku “berkata” lebih keras daripada ucapan.

Materi

Materinya dibawakan sama a’ Rafqi. Kita dikasih 2 games. Jadi, seru2an nih meskipun lagi puasa.

Games pertama, panitia ngebuat lingakaran dari tali rapia berdiameter sekitar 2 meter. Terus 2 orang peserta yang beruntung: Avicienna & Anas, disuruh maju dan masuk ke lingkaran. Ternyata mereka disuruh adu gulat. Yang keluar dari lingkaran adalah yang kalah. Tapi, peraturannya tangannya ditaruh di belakang, jadi gak boleh pakai tangan. Akhirnya, si Anas yang menang.

Gulat 1 lawan 1: Avicienna & Anas in Action

Belum kebagian giliran, semua peserta disuruh maju untuk games kedua. Ikhwan ngumpul dgn ikhwan, akhwat ngumpul dgn akhwat. Masing-masing disuruh buat lingkaran dgn kondisi masing2 orang megang dua tali pendek yang dipilih acak. Yang ikhwannya selesai duluan! Itu juga pake bantuan a’ Rafqi sih.

Hikmahnya:

Yang games pertama, gulat, ternyata ada hikmahnya yang gak kepikiran sama saya waktu itu.

“Kebaikan akan selalu berhadap-hadapan dengan kebatilan”

Jadi dengan kondisi yang ada, kebaikan melakukan usaha-usaha dengan pantang menyerah untuk menang. Sebaliknya, kebatilan juga melakukan berbagai cara untuk menggagalkan misi kebaikan. Misalnya, sementara pemberitaan di media massa gencar untuk mengajak umat muslim melihat kenyataan yang terjadi di Palestina, industri film barat membuat film2 yang diisi muatan2 gak mendidik buat ngalihin perhatian umat muslim dari kenyataan.

Lantas, bagaimana memenangkan perjuangan kebaikan?

Caranya:

  1. Membina kekuatan rohani. Misalnya dengan ikut mentoring agama Islam, baca2 Al Quran, Hadits, Sirah, dsb.
  2. Menjadi professional yang terlatih. Artinya, bila kita mau membuat suatu acara dengan tujuan yang baik, kita harus melakukan persiapan yang matang dan menggunakan cara2 yang baik. Jgn sampai acara kita malah kalah sama acara yang isinya maksiat tapi dikemas dengan “menarik”.
  3. Teguh dan konsisten dalam berjamaah untuk satu tujuan. (Hikmah dari games kedua: ngebikin bentuk lingkaran dari orang2 yang megang tali) Intinya kita harus bekerja sama layaknya suatu formasi bangunan yang kokoh untuk satu tujuan bersama.

Sharing

Acara terakhir, tepatnya setelah solat dzuhur, adalah sharing. Sharingnya dibagi2 ke dalam kelompok2 organisasi, ada PMR, LSWK, DKM, dan KIR. Masing2 diskusi mengenai masalah regenerasi dan organisasinya masing2.

***

TFT diakhiri dengan penutupan dan dengan hujan ringan. (Mirip berakhirnya acara Rihlah-nya TI di Kebun Raya tahun lalu)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: