//
you're reading...
Kegiatan

Ketika Cita-Cita Bertasbih

Bogor – 27 Agustus 2010

Ketika Cita-Cita Bertasbih. Sekilas terdengar mirip dgn judul sebuah buku dan film. Tapi, yang ini adalah tema yang diangkat MG (Mentoring General) Kelas XII. Acaranya bertempat di masjid Ar Rahmah dan materinya dibawakan oleh a’ Imam Maulana.

Games 1 “Lipat2 Kertasnya”

Sebagai permulaan, ada games nih. Masing2 peserta MG dikasih kertas. Di kertas itu, peserta diminta nulis skala 0-100 mendatar dan 0-24 menurun. Trus dikasih waktu beberapa menit buat nulis 10 cita2 tertinggi secara acak.

Selesai. Kertas dilipat di angka 17 – 63, nandain kalo usia rata2 sekarang udah pada 17 dan rata2 umat Rasulullah SAW meninggal di usia 63. Trus, kertas dilipat lagi di angka 4 dan 22, nandain kalo rata2 bangun jam 4 dan tidur jam 22. Tulisan2 yang gak kena lipatan adalah cita2 yang masih tersisa.

Fase Kehidupan Manusia

Games tadi nunjukin kita kalo kita boleh punya cita2 yg banyak, tapi untuk meraihnya kita harus memaksimalkan waktu hidup kita. Cita2 bisa terdegradasi seiring dengan waktu yang tidak di-manage dengan baik.

“Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati”

Cita-Cita Tertinggi

Masing2 orang punya cita2 tertingginya masing2. Dan langkah untuk mencapainya ialah USAHA dan DOA.

Games 2 “Ayoo Bongkar Pulpennya”

Materi diselingi games lagi. Kali ini peserta diminta menyediakan masing2 sebuah pulpen. Pertama, peserta diminta untuk membongkar pulpen dalam waktu 10 detik. Yang gagal, berdiri. Trus, peserta ditantang untuk masang pulpen tadi dgn mata tertutup dalam waktu 15 detik. Selanjutnya, peserta diminta untuk ngebongkar lagi pulpennya pake kaki dengan mata tertutup dalam waktu 20 detik. Terakhir, peserta ditantang buat masang pulpen tanpa menyentuh pulpen dan tanpa menggerakkan anggota tubuh dalam waktu 30 detik.

Games yang ini nunjukin kita kalo dengan tingkat kerumitan yang makin tinggi peserta yang berhasil makin dikit. Hikmahnya, untuk mencapai tujuan tentu butuh usaha, dan makin besar pencapaiannya butuh usaha yang lebih keras.

Tapi, gimana buat tantangan terakhir yang sepertinya gak mungkin? Semua peserta gak ada yang bisa nyelesaikan. Hikmahnya, sekeras apapun usaha kita untuk meraih cita2, belumlah lengkap bila tidak diiringi doa. Jadi, sertakan Allah dalam perjuangan kita.

Modal Utama

Untuk bisa mencapai cita2 tertinggi, setidaknya diperlukan 3 modal utama:

  1. TARGET LANGITAN. “Pilih langit sbg target! Soalnya, kalopun meleset, tetap sampai di langit”
  2. KEMAUAN. Cintai cita2 yang ingin dicapai! Caranya dgn mengetahui efek yang bisa diraih bila cita2 tersebut terwujud.
  3. KEYAKINAN. Motivasi dgn kuat dari dalam hati! Buktikan kalo kita bisa dapatkan PTN favorit buat jalan menuju cita2 kita.

Modal Tambahan

Selain modal utama yang bisa didapat dari dalam diri sendiri, kita butuh modal tambahan, yaitu:

  1. BUTUH TIM. Kita butuh tim atau partner buat saling berbagi, juga saling mengajarkan. Jgn malu nanya sama teman kita, bila kita tidak tau. Cari partner yang satu visi dgn kita, supaya kita bisa berbagi cara dan saling mengingatkan. Oh ya, “Mentoring terus, terus mentoring”. Inilah komunitas yang sangat penting dan dirindukan. Di sinilah kita bisa saling mengingatkan. Karena sehebat-hebatnya orang, dia juga bisa hilaf.
  2. BUTUH ALL OUT. Kita butuh kesungguhan dalam proses pencapaian cita2. Kita butuh keindahan dalam prosesnya. Sehingga, bila kita berhasil dgn cara kita sendiri dan tidak curang, kita bisa merasa sangat puas!
  3. BUTUH TEMPAT. Smansa adalah tempat yang ideal. Di sini kita dapat saling memacu satu sama lain untuk mencapai cita2 tertinggi.

Akhir kata:

“Jgn takut! Karena kadang ketakutan menghalangi kemauan”

“Berjuang! Pakai cara kita sendiri dan gak curang. Buktiin kita bisa.”

“Ukir Prestasi dengan Ridho Allah”

Discussion

One thought on “Ketika Cita-Cita Bertasbih

  1. postingannya keren banget mir! keep posting!🙂

    Posted by Abdulbasith | August 30, 2010, 08:33

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: