//
you're reading...
Event, Kegiatan

BukBar Angkatan Perisai Ksatria

Bogor – Sabtu, 28 Agustus 2010

Perisai Ksatria sebagai sebuah angkatan ngebuat satu event yang menarik di bulan Ramadhan ini, Buka Bareng Angkatan Perisai Ksatria. Bertempat di aula, seluruh peserta yang merupakan angkatan Perisai Ksatria (PK) duduk beralas lantai dengan hijab yang membatasi para ikhwan dan akhwat, sembari menyantap hidangan berbuka puasa, sesaat setelah adzan maghrib dikumandangkan.

***

Setelah solat maghrib, acara dilanjutkan dengan materi tentang “Ukhuwah”. Pematerinya a’ Agus Sutisna. Sambil nunjukkin slide2 materinya, a’ Agus ngejelasin tentang ukhuwah.

Ukhuwah Islamiyah

Momen buka bareng angkatan ini adalah saat yang tepat untuk membicarakan tentang ukhuwah. Lebih spesifiknya, ukhuwah islamiyah. Ukhuwah Islamiyah adalah keterikatan hati dan jiwa dengan ikatan aqidah. Ukhuwah Islamiyah bersifat abadi, berbeda dengan ukhuwah jahiliyah yang bersifat temporer atau sesaat.

Peringkat Ukhuwah

Peringkat-peringkat ukhuwah yaitu:

  1. Taaruf: Saling mengenal.
  2. Tafahum: Saling memahami.
  3. Taawun: Saling membantu dalam kebaikan dan meninggalkan kemungkaran.
  4. Takaful: Saling menanggung rasa senang dan sedih. Masalah diselesaikan bersama.
  5. Itsar: Mendahulukan orang lain daripada dirinya sendiri.

Hal-Hal untuk Menguatkan Ukhuwah Islamiyah

Ada beberapa kegiatan yang dapat mempererat ukhuwah Islamiyah, di antaranya:

  1. Saling mendoakan
  2. Menunjukkan kegembiraan
  3. Berjabat tangan (kepada sesama jenis, tentunya)
  4. Sering2 silaturahmi
  5. Saling memberi hadiah
  6. Memenuhi hak ukhuwah saudaranya
  7. Memberikan ucapan selamat (ngucapin selamat kepada teman karena dapat medali emas, misalnya)

Manfaat Ukhuwah Islamiyah

Poin yg ini tentang manfaat ukhuwah Islamiyah, yaitu:

  1. Merasakan lezatnya iman
  2. Mendapatkan perlindungan Allah
  3. Mendapat tempat khusus di surga

Selain ngejelasin tentang ukhuwah, a’ Agus juga sharing pengalamannya saat mengikuti berbagai ujian untuk memasuki universitas yang dia inginkan. Intinya sih, usaha harus diiringi doa. Soalnya, ketika usaha udah dilakukan tapi masih kurang mencukupi, doa melengkapinya.

***

Renungan

Setelah materi dan solat Isya, acara dilanjutin dgn renungan. Peserta dikondusifkan di ruang aula, slide show dinyalakan, lampu diredupkan, dan Yogo sebagai pengisi renungan, ngingetin kita tentang perjalanan angkatan Prisai Ksatria yang sudah ditempuh selama ini.

Gak Kerasa

Mungkin itu yang terpikirkan pas renungan waktu itu. Angkatan Perisai Ksatria udah menempuh perjalanannya di Smansa selama dua tahun lebih. Berbagai acara udah dilewati: MOS, Salam, Big Camp, Takbir, Nusa, Pasir, Smansa Day, TOP, Tadzkirah, Regenerasi ekskul & organisasi, dan masih banyak lagi. Gak kerasa kalo sekarang udah di level tertinggi SMA: kelas 3. Gak kerasa kalo udah mau melangkah kaki ke luar Smansa dan berpencar ke universitas pilihan masing2. Gak kerasa kalo udah kelas 3. Apa aja nih yang udah dilakukan.

***

Sang Ketua Angkatan

Setelah renungan, ketua angkatan yang baru terpilih, Setya Ramadhani “Dhani”, diresmikan sebagai ketua angkatan Perisai Ksatria.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: